Kamis, 15 Agustus 2013

Tanaman

Tanaman termasuk makhluk hidup. Itu artinya tanaman juga tumbuh, berkembang biak, dan membutuhkan makanan. Tanaman membutuhkan udara, air, dan sinar matahari untuk hidupnya.
Tanaman dikelompokkan menjadi 2, yaitu tanaman berbunga dan tanaman tidak berbunga.
 
Contoh tanaman berbunga, yaitu: mawar, dahlia, melati, pohon kelapa, dll
Contoh tanaman tidak berbunga, misalnya ganggang, pakis, jamur, dan lumut

Bagian dari tanaman, yaitu akar, batang, ranting, daun, dan bunga

 
Akar berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah.
Akar juga berguna agar tumbuhan dapat tumbuh tegak ke atas dan tidak roboh. 
Batang dan ranting berguna untuk menyalurkan air dan mineral dari akar ke daun dan menyalurkan zat gula atau zat tepung hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. 

Daun berguna untuk tempat memasak makanan. Namanya fotosintesis, yaitu proses memasak makanan dengan bantuan sinar matahari.
Tempat terjadinya fotosintesis adalah pada zat hijau daun atau klorofil.

Air, mineral, dan karbondioksida diubah menjadi zat gula dan oksigen.
Zat gula diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan dan oksigen di lepas ke udara.
Oksigen inilah yang disebut udara yang kamu hirup.
Makanya tumbuh-tumbuhan dinamakan paru-paru dunia karena tumbuh-tumbuhan menghsilkan oksigen untuk dihirup oleh manusia dan hewan.

Bagian-Bagian Bunga
Bunga terdiri dari  tangkai bunga, dasar bunga, bakal biji, kelopak bunga, tangkai putik, kepala putik, dan serbuk sari.
Bunga sangat penting untuk perkembangbiakan tumbuhan karena pada bunga terdapat alat-alat reproduksi, yaitu putik dan benangsari.

Sehingga bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Bunga memiliki warna yang beraneka ragam. Bunga juga ada yang berbau dan tidak berbau. Bunga yang lengkap terdiri dari beberapa bagian yaitu tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik.

a. Tangkai Bunga
Tangkai bunga merupakan bagian yang berada pada bagian bawah bunga. Tangkai ini berperan sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang. Air dan mineral dari akar sampai ke bunga melalui batang dan tangkai bunga
b. Kelopak Bunga
Kelopak bunga merupakan bagian yang melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup. Biasanya, bentuk dan warnanya menyerupai daun. 
c. Mahkota Bunga
Mahkota bunga umumnya memiliki warna bermacam-macam sehingga disebut perhiasan bunga. Warna yang bermacam-macam dan menarik itu berguna untuk memikat kupu-kupu atau serangga lainnya agar hinggap pada bunga. Serangga tersebut dapat membantu dalam proses penyerbukan.
d. Putik
Putik terdapat di bagian tengah-tengah bunga. Biasanya, putik dikelilingi oleh benang sari. Putik berfungsi sebagai alat kelamin betina. Putik terdiri atas kepala putik dan tangkai putik. Pada bagian dasar tangkai putik terdapat bagian yang kelak akan menjadi buah dan biji. Apabila serbuk sari berhasil menempel pada bagian kepala putik maka terjadi proses penyerbukan. Proses penyerbukan merupakan awal dari perkembangbiakan pada tumbuhan. Penyerbukan hanya dapat terjadi jika serbuk sari yang menempel pada putik berasal dari bunga yang sama jenisnya.
e. Benang Sari
Benang sari terdapat pada bagian tengah bunga yang berdekatan dengan mahkota bunga. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan. Benang sari terdiri atas tangkai sari dan kepala sari. Pada kepala sari ini dihasilkan serbuk sari. Serbuk sari bersifat ringan dan mudah terbang tertiup angin. Selain itu, serbuk sari dapat menempel pada kaki, kepala, dan tubuh kupu-kupu atau serangga yang hinggap.

Pertumbuhan Biji
Biji
Biji mengandung embrio, cadangan makanan, kulit pelindung.
Embrio di dalam biji bersifat dorman (tidak aktif)sehingga mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama tanpa air atau makanan. ketika kondisi menguntungkan embrio mulai tumbuh atau dikatakan biji mulai berkecambah.

Bagian-Bagian dari Biji
 
Pertumbuhan Biji

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar