Kamis, 22 Agustus 2013

Sistem Pernapasan Pada Manusia

Semua makhluk hidup membutuhkan oksigen. Oksigen digunakan tubuh untuk membakar energi kimia menjadi energi gerak, untuk tumbuh, dan mempertahankan hidup.
Pernapasan adalah suatu proses menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.

Organ Pernapasan

Alat pernapasan manusia terdiri dari:
  • hidung, 
  • faring, 
  • laring, 
  • trakea, 
  • bronkus, 
  • bronkiolus, 
  • dan alveolus.

Hidung


Hidung adalah satu-satunya alat pernapasan yang dapat kita lihat. 
Udara yang masuk ke hidung dihangatkan, dilembabkan, dan dibersihkan dari debu.

Faring

Faring adalah lorong temapt keluar masuk udara, Kemudian udara melewati amandel yang berguna untuk membunuh kuman yang masuk lewat udara. Jika kumannya terlalu banyak dan tubuhmu lemah, maka kamu akan terkena radang tenggorokan dan radang amandel. Kalau makan rasanya sakit dan seperti ada yang nyangkut di tenggorokan.

Laring

Laring adalah sebuah pintu. Ketika makanan melewati faring, maka laring akan menutup supaya makanan tidak masuk ke dalam paru-paru.
Di dalam laring ada pita suara. Pita suara ini yang menyebabkan kamu bisa menghasilkan suara atau bunyi ketika berbicara.

Trakea (Tenggorokan)

Adalah lorong udara menuju paru-paru. Panjangnya sekitar 12 cm. Trakea seperti pipa yang selalu terbuka, terdiri dari tumpukan cincin tulang rawan. Cincin terakhir disebut karina yang ditutupi oleh jaringan syaraf yang sensitif jika terkena benda kecil. Ketika kamu makan sambil berbicara, maka kamu suka keselek. Ini disebabkan adanya makanan kecil yang masuk ke tenggorokan dan menyentuh karina yang sensitif ini. Kamu menjadi batuk-batuk terus hingga makanannya bisa keluar bersama udara batukmu.

Bronkus, Bronkioli, dan Alveolus

Dari tenggorokan, udara masuk ke dua cabang pipa yang dinamakan bronkus. Bronkus kiri untuk masuk ke paru-paru kiri dan bronkus kanan untuk masuk ke paru-paru kanan. Di dalam paru-paru terdapat cabang pipa udara kecil-kecil yang dinamakan bronkioli. 
 
Dari bronkioli oksigen masuk ke alveolus. Oksigen ini akan diserap oleh darah dan digantikan dengan udara kotor karbon dioksida untuk dikirim dan dibuang keluar melalui hidung.
Ingat: bernapas adalah menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida,

Alveolus

 
Alveolus adalah saluran udara buntu membentuk gelembung-gelembung udara, dindingnya tipis setebal selapis sel, lembab, dan berlekatan dengan kapiler darah.
 
Di alveolus inilah terjadi penyerapan oksigen dan pelepasan karbondioksida.

Bagaimana terjadinya pertukaran gas?

 
Oksigen masuk ke pembuluh darah dan diikat oleh hemoglobin
Dalam darah, oksigen dibawa oleh sel darah merah sebagai oksihemoglobin (oksigen yang terikat oleh hemoglobin)
Pada sel-sel tubuh, oksigen ini meninggalkan hemoglobin dengan mudah menyebar melalui pembuluh darah.
CO2 berdifusi keluar dari pembuluh darah menuju alveolus Dan kemudian dihembuskan keluar oleh sistem pernapasan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar